Saat ini, industri fashion tambah maju bersama menjamurnya brand-brand yang saling bersaing. Ternyata, terkandung sebagian brand yang berasal dari Indonesia yang ikut meramaikan industri fashion dan apalagi sudah mendunia.

Brand-brand ini bisa berkompetisi di ranah internasional sebab mempunyai kualitas yang tinggi. Meski begitu, brand-brand lokal yang mendunia ini masih mempunyai harga yang memadai terjangkau sehingga penduduk Indonesia masih bisa belanja produk-produk dari brand ini.

1. 3Second

Brand 3 Second ternyata terhitung ke di dalam brand fashion Indonesia yang punya kualitas terbaik. 3 Second awalnya brand yang berasal dari Bandung. Awalnya 3 Second hanya memproses pakaian polosan tanpa brand dan mendistribusikannya ke beraneka pusat perbelanjaan di Jakarta ataupun kota lainnya.

3Second berdiri terhadap tahun 2002 bersama product andalan dari brand ini adalah kaos. Hingga sementara ini, 3 Second tetap berkembang dan sudah meluncurkan produk-produk lainnya layaknya jaket, sweater, topi, kemeja, kuncir pinggang, sampai tas. Selain itu, terkandung terhitung brand ambassador dari brand ini, tidak benar satunya Ariel Noah dan terhitung Momo Geisha.

2. Eiger

Eiger atau PT. Eigerindo Multi Produk Industri merupakan perusahaan yang berdiri terhadap tahun 1989 dan merupakan perusahaan asli Indonesia yang bergerak di bidang industri retail. Eiger terhitung memproses pakaian untuk aktivitas mendaki gunung, berkemah, dan panjat tebing layaknya jaket dan tas.

Terdapat fakta unik berkenaan nama brand ini, yakni Eiger. Nama Eiger terinspirasi dari Gunung Eiger yang punya ketinggian 3.970 mdpl dan jadi gunung tersulit didaki ke-3 di dunia yang letaknya di Bernese Alps, Swiss. Eiger sedia kan tiga kategori product utama, yakni mountaineering yang orientasinya kepada aktivitas pendakian gunung, riding yang berorientasi kepada penjelajahan sepeda motor, dan authentic 1989 yang terinspirasi terhadap type klasik para pencinta aktivitas petualangan alam terbuka yang diwujudkan di dalam desain yang kasual serta stylish.

3. Matoa

Matoa persis bersama pohon besar khas Papua. Namun, ternyata Matoa terhitung merupakan sebuah brand jam tangan yang diluncurkan oleh seorang laki-laki asal Bandung. Matoa merupakan jam tangan yang manfaatkan bahan basic berbentuk limbah kayu. Matoa terhitung ke di dalam brand yang bisa mengembangkan bisnisnya, baik di di dalam maupun di luar negeri.

Mato diluncurkan pertama kali terhadap tahun 2011, tepatnya di sebuah pameran lokal kecil-kecilan di Bandung. Desain yang digunakan pun terinspirasi dari budaya Indonesia dan ternyata hal selanjutnya bisa jadi energi tarik bagi pelanggannya. Saat ini pun Matoa sudah sukses menembus pasar Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

4. Hammer

Brand selanjutnya adalah Hammer. Meski brand ini di dalam bhs Inggris, ternyata Hammer adalah brand lokal yang bergerak di bidang fashion. Hammer berada di bawah naungan PT Warna Marshika yang dikembangkan oleh Eddy Hartono.

Hammer punya logo palu berwarna merah dan sudah diluncurkan sejak tahun 1987. Hammer memproses banyak pakaian bersama warna yang terlalu bervariasi. Ternyata, Jokowi, presiden Indonesia pun pernah manfaatkan pakaian dari brand ini.

Salah satu product andalan Hammer adalah polo t-shirt bersama warna cerah dan beraneka macam motif. Hammer bisa berkompetisi secara internasional sebab produk-produknya sudah tidak diragukan ulang kualitasnya. Hammer apalagi pernah meraih penghargaan bergengsi Original Brands Awards terhadap kategori t-shirt dan menswear.

5. The Executive

Sekilas kecuali dilihat dari namanya, bisa saja kami tidak akan tau bahwa brand ini ternyata berasal dari Indonesia. Namun, ternyata brand ini memadai tenar di Tanah Air dan sudah menjual beraneka macam pakaian.

The Executive berdiri sejak tahun 1984 bersama pakaian yang diproduksi diantaranya adalah rok, blazer, kemeja, celana, dan lainnya. Model pakaian yang diproduksi pun mengikuti pertumbuhan zaman dengan kata lain kekinian. The Executive sudah terhubung lebih dari 100 toko yang tersebar di seluruh Indonesia.