Home Minahasa Utara Wamendag RI, Canangkan PJKC di Likupang.

Wamendag RI, Canangkan PJKC di Likupang.

67
0
SHARE
Wamendag RI, Canangkan PJKC di Likupang.

GORESANPENA, Minut - Guna Menggenjot Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta kecintaan konsumen Indonesia untuk bangga menggunakan produk Lokal, Wakil Mentri Perdagangan (Wamendag) RI, Dr. Jerry Sambuaga mencanangkan Pembangunan Pusat Jajanan Kuliner dan Cenderamata (PJKC), Pantai Kinunang, Desa Kinunang, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (25/8/2021).

Kehadiran Wamendag tersebut di dampingi Staf Ahli Bidang Iklim Usaha Dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag 
Syailendra, Kadis perdagangan dan perindustrian Sulut Drs. Edwin Kindangen, MSi mewakili Gubernur Sulut, Kadis Koperasi Sulut Ir. Ronald Sorongan, MSi, Sekda Minut Ir.Jemmy Kuhu Mewakili Bupati Minut, Kadis Pardagangan Minut Benny Mengko dan Kadis Perindustrian Minut Toar Sendow.

“Pencanangan lokasi pembangunan PJKC merupakan sebagai sarana dalam memasarkan produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melalui PJKC Likupang ini diharapkan para pelaku UMKM setempat dapat memasarkan produk unggulannya di kawasan wisata sehingga membuka lapangan pekerjaan dan menaikkan taraf perekonomian di Sulawesi Utara khususnya, masyarakat di Likupang Minahasa Utara,” Terang Wamendag Jerry Sambuaga.

Pada tahun 2021 Lanjut Wamendag, Kemendag telah menetapkan dua daerah PJKC, yaitu Likupang Minahasa Utara, Sulawesi Utara dan Kepulauan Morotai, Maluku Utara. 

Program ini menggunakan 
dana tugas pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 Menurut Wamendag Jerry, pariwisata dan UMKM merupakan sektor yang terdampak signifikan pandemi Covid-19. Penurunan omzet, terhambatnya suplai bahan baku, pengurangan produksi, 
hingga pengurangan tenaga kerja menjadi permasalahan utama yang dihadapi UMKM.
 
“Oleh karenanya, Pemerintah meluncurkan Program PEN untuk mendorong pemulihan sektor 
pariwisata dan UMKM. PEN merupakan salah satu program yang disiapkan pemerintah untuk
mengurangi dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian," Kata Wamendag Sambuaga.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin Kindangen menyambut gembira dan mengapreasiasi pencanangan PJKC di Sulawesi Utara. Menurutnya PJKC dapat memberikan dampak positif, terutama dalam menunjang kawasan Likupang 
sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia. 

"Pencanangan ini adalah wujud dari perhatian dan kehadiran pemerintah bagi para pelaku UMKM 
yang ada di daerah. Malalui program ini, diharapkan UMKM Sulawesi Utara tetap produktif, kreatif, 
dan inovatif dalam menghasilkan produk-produk lokal yang berkualitas dan memiliki daya saing," ucap Edwin Kindangen.

Pencanangan PJKC Likupang merupakan bagian dari peluncuran Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia dengan tagar #PelangiSulawesi. Kegiatan dengan tema ”Dari Sulawesi Menuju Mancanegara” ini, akan dilaksanakan pada Kamis (26/8), di Manado, Sulawesi Utara.

Diketahui bersama, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mencanangkan pengembangan destinasi pariwisata super prioritas pada 15 Juli 2019 lalu. Daerah tersebut, yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur 
(Jawa Tengah), Mandalika-Lombok (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Penulis : Frendy Koloay.