Home Minahasa ROR Daulat Maringka Tonaas Wangko Gumi"iroth um Banua

ROR Daulat Maringka Tonaas Wangko Gumi"iroth um Banua

298
0
SHARE
ROR Daulat Maringka Tonaas Wangko Gumi"iroth um Banua

Minahasa, Goresanpena.id- Penghargaan dan penghormatan masyarakat Minahasa atas dedikasi serta pengabdian yang sudah disumbangsihkan bagi bangsa dan negara di berbagai bidang layak diberikan kepada Putra asli Tanah Toar Lumimuut.  Hal tersebut diutarakan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring, Msi Asean Eng, Ipu saat melantik kebanggaan tanah Minahasa yang berkarir di kancah nasional yakni Dr Jan Samuel Maringka MH dianugerahkan gelar adat Tonaas Wangko Gumi'iroth Um Banua pada momentum perayaan Hari Jadi Minahasa ke 592 yang berpusat di Benteng Moraya Tondano.

" Pak Maringka yang kini merupakan salah satu staf ahli di Kejaksaan Agung adalah putra asli Minahasa dan layak menyandang gelar ini," kata ROR, Kamis (5/11).

Maringka sendiri mengatakan jika hal ini memberikan hikmah dan ada sebuah pesan tersendiri baginya.

"Hal ini memberikan pesan bahwa perbedaan adalah kekuatan bagi bangsa Indonesia," jelasnya.

Sebagai putra Minahasa lanjut Maringka, merasa bangga atas upaya Pemkab dan majelis kebudayaan untuk terus mempertahankan budaya. Tentunya juga sebagai bagian dari kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa.

Pemberiaan gelar adat juga diberikan kepada Rektor Unsrat Prof DR Ir Ellen J Kumaat MSc DEA sebagai Tonaas Papendangan Um Banua.

Turut hadir dalam Peringatan ini, Pjs. Gubernur Sulut Dr. Drs. Agus Fatoni, MSi, Komandan Lantamal VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Komandan Lanud Samratulangi Manado Kolonel Pnb. Abram Robert A. Tumanduk, S.Sos, Danrem Prince M. Putong, SH, Sekretaris Daerah Propinsi Sulut Edwin Silangen, SE.MA, Wakajati Sulut Raimel Jesaja, SH.MH, Pjs.Bupati Minut Clay J Dondokambey,STTP,MAP dan Forkopimda Kabupaten Minahasa. Dalam rangkaian HUT Minahasa ini, dilakukan penganugerahan Gelar Adat Minahasa Tonaas Gumi'Iroth Um Banua kepada Dr. Jan. S. Maringka SH.MH Staff Ahli Jaksa Agung RI. Kegiatan ini menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.(Fic)