Home Minahasa Utara Komitmen Pemdes Batu Gelar Rembuk Stunting.

Komitmen Pemdes Batu Gelar Rembuk Stunting.

52
0
SHARE
Komitmen Pemdes Batu Gelar Rembuk Stunting.

GORESANPENA.ID, Minut - Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Sebagai komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Batu  Kecamatan Likupang Selatan (Liksel) dalam melakukan pencegahan dan penurunan stunting maka diadakan Rembuk Stunting Desa Batu Tahun 2021 yang bertempat di Balai Desa Batu, Selasa (28/09).

Kegiatan tersebut dihadiri dan di buka langsung oleh Camat Liksel David Talumantak, Kepala Puskesmas Batu dr. Eltin Wowor, Kumtua Desa Batu Hofni Mangapeng SP, Tenaga Ahli Kabupaten, Babinsa, kader posyandu, kader ppkbd,dan orang tua dari anak-anak stanting, serta perankat desa.

Sementara itu Camat Liksel David Talumantak dalam pembukaannya menyampaikan rembuk stunting merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan dalam membahas  aspek-aspek pelayanan stunting yang terjadi di desa batu yang terdiri dari Layanan kesehatan ibu dan anak, Integrasi konseling gizi, Perlindungan sosial, dan Layanan PAUD.

"Rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa," terang David Talumantak.

Adapun kegiatan utama dalam rembuk stunting di Desa, meliputi pembahasan usulan program kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah dan pembahasan serta penyepakatan prioritas usulan program kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif.

Penulis : Frendy Koloay.