Home Minahasa Dondokambey: Dana Perbaikan Rumah Warga Akan Ditransfer langsung ke Rekening Pribadi

Dondokambey: Dana Perbaikan Rumah Warga Akan Ditransfer langsung ke Rekening Pribadi

58
0
SHARE
Dondokambey:  Dana Perbaikan Rumah Warga Akan Ditransfer langsung ke Rekening Pribadi

Minahasa, Goresanpena.id- Warga tidak sendiri memikul beban musibah. Karena pemerintah akan berupaya untuk memberikan bantuan. Sesuai data Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, terdapat 205 unit rumah yang rusak, dengan rincian 7 rumah rusak berat, 16 rusak sedang dan 182 rusak ringan. 

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara Ollly Dondokambey bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  dan Pemerintah Kabupaten Minahasa saat meninjau langsung kondisi terkini warga Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur Kabupaten Minahasa yang mengalami bencana banjir, Sabtu (05/11).

Dondokambey menuturkan jika, warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencan ini, diberikan bantuan dana perbaikan dengan jumlah bervariasi sesuai tingkat kerusakannya.

“Saya menyatakan rasa prihatin yang sedalam-dalamnya atas musibah bencana banjir dialami masyarakat Papakelan. Pemerintah Provinsi Sulut berupaya untuk membantu perbaikan rumah warga yang rusak,” katanya dengan merinci untuk rumah yang rusak berat sebesar Rp10 juta, rusak sedang Rp5 juta dan rusak ringan Rp2,5 juta.

“Dana bantuan untuk perbaikan rumah akan ditransfer di rekening masing-masing,” ujar Gubernur Olly.

Lebih lanjut, pemerintah sudah mengambil langka-langka darurat. Yakni bersama-sama dengan masyarakat, instansi terkait, termasuk pihak kecamatan dan kelurahan. Telah melakukan evakuasi masyarakat terdampak, yang diarahkan ke Posko pengungsian di SD GMIM Papakelan.

Termasuk menyiapkan makan malam bersama para donatur dan masyarakat setempat, juga mengefektifkan mobil makanan dari Dinas Sosial, serta menyiapkan kasur dan tempat tidur,” ujarnya.
Sementara itu Bupati Royke Roring mengatakan, Pemkab Minahasa, pada saat kejadian telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk efektivitas penerimaan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Untuk bantuan makanan dan tempat tidur serta kebutuhan lainnya sudah disiapkan oleh Dinas Sosial, " kata Bupati ROR

Turut hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Joi Oroh, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi ,Sulut Denny Mangala serta sejumlah pejabat Pemkab Minahasa. 
Diketahui, kedatangan rombongan yang dipimpin langsung Gubernur Olly Dondokambey SE, ini diikuti dengan pembagian bantuan untuk warga setempat diantaranya matras, selimut, mie instan, biskuit kaleng, sabun mandi kebutuhan natura.(Ficky)