Home Minahasa Dibuka Kaindeh, Tangkere Kembali Terpilih Ketua Pada Konferensi PWI Minahasa

Dibuka Kaindeh, Tangkere Kembali Terpilih Ketua Pada Konferensi PWI Minahasa

29
0
SHARE
Dibuka Kaindeh, Tangkere Kembali Terpilih Ketua Pada Konferensi PWI Minahasa

Minahasa, Goresanpena.id- Apresiasi dan rasa bangga saya dan wakil bupati minahasa sampaikan kepada pengurus Persatuan Wartawan indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara Minahasa yang telah boleh melaksanakan pemilihan ketua dan berlangsung dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minahasa Maya Kainde, SH membacakan sambutan Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring saat membuka Konferensi PWI Minahasa.

"Ini merupakan langkah yang positif karena merupakan tonggak sejarah terbentuknya PWI di kabupaten minahasa,"kata Kaindeh, Senin (14/11).
Atas nama Pemerintah dan masyarakat lanjut Kabupaten Minahasa lanjut Kaindeh, menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan pengurus wartawan indonesia di kabupaten Minahasa sekaligus rasa bangga karena ini merupakan yang perdana.
"Menjalani profesi sebagai pewarta berita atau dalam tanda kutib kuli tinta, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan pengetahuan, keberanian, integritas serta inovatif dalam rangka meyajikan informasi bagi masyarakat baik itu lewat media cetak dan online," terangnya.

Lebih lanjut, mengapa demikian, karena lewat berita dan informasi yang disampaikan oleh wartawan dapat berimplikasi beragam opini DI tengah masyarakat yang membaca atau mendengar.
Sehingga saya menghimbau kepada teman  teman insan Pers untuk lebih bijak dalam meneliti sebuah informasi, karena sebuah informasi harus jelas sumber kebenarannya  dan dapat dipercaya. hal ini merupakan kewajiban dalam memberikan informasi, karena sebuah berita akan memberi nilai tersendiri untuk semua pihak termasuk di dalamnya pemerintah daerah.
"Di era industri yang telah menggunakan teknologi moderen, orang akan kesulitan membedakan mana berita yang hoax dan mana berita yang benar, sehingga saya berharap teman  teman dapat juga memilah informasi mana yang dapat diberitakan dan mana yang tidak perlu di informasikan kepada masyarakat, jika hanya akan menimbulkan opini dan keresahan," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, sinergitas antara insan Pers dan pemerintah daerah kabupaten minahasa dapat lebih erat lagi, karena pers merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan (Pilar Keempat), khususnya sebagai representasi kontrol sosial dan informasi bagi masyarakat dengan tetap mengedepankan kode etik jurnalistik.
"Insan Pers juga kiranya dapat membantu dalam menangkal apabila ada berita hoax yang beredar dengan mengeluarkan berita atau informasi penyeimbang, sehingga masyarakat akan teredukasi untuk lebih peka dalam menerima informasi," pungkasnya.

Konferensi PWI Kabupaten Minahasa ini dihadiri Ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara Drs. Voucke Lontaan, Sekretaris PWI, Marlon Simbolon Ketua Bidang Organisasi, Jimmy Senduk, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Adrianus R Pusungunaung dan Ketua Bidang Pendidikan, Fernando Lumanauw, Kadis Kominfo Kabupaten Minahasa, Maya Kainde, SH, MAP.
Sementara itu, dalam pemilihan Ketua PWI Kabupaten Minahasa, Christian Tangkere, SE waratawan sulutnewstv.com unggul dari kandidat Martsindy Rasuh wartawan media gawai.co dengan jumlah perolehan suara 8-3.(Ficky)